-->


APA ITU ABSURD ???

Sebagian orang pernah mendengar kata Absurd, mungkin ada yang baru mendengar atau sering mendengar, atau bahkan belum pernah mendengarnya. Saya sudang sering mendengar kata absurd saya ikut berkecimpung di tetaer, jadi sering mendengar teman-teman mengucapkannya, bercakap-cakap tentang absurd dan bahkan teman-teman membuat naskah teater yang mengandung unsur absurd dan mementaskannya di sebuah panggung pementasan.

Kalau menurut KBBI, absurd itu tidak masuk akal, mustahil.
Sedangkan, kalau menurut google translate mesin penterjemah goole, absurd itu konyol, mustahil, menggelikan, lucu, tidak masuk akal. Cukup mirip rada-rada hampir sama nenurut KKBI dengan Google Translate.

Saya    : Teman saya mau saya pake-in pampers, soal nya toilet dia lagi mampet, kasian
 saya kan.
Kamu  : Gila looo,,, Absurd banget...
Saya    : kemaren saya jalan-jalan ke jalan tol ada bencong kepincut saya, di kejar nya saya.
Kamu  : woooooow,,,,, Absurd looo...

Kalau konspep absurd dalam sebuah pementasan teater, pementasan tanpa tujuan, tidak tau arah tujuan yang inggin di sampaikan, terenggut dari akal religi, metafisik, segala tindakannya tidak masuk akal, bergerak dan bertidak menyerupai seperti pohon, seperti robot, seperti gunung, menunjukan sebuah pergerakan sesuatu yang inggin di sampaikan hanya  sia-sia. Tetapi dalam pementasan sbuah absurd kalau menurut saya sangat lah menarik, karena meanmpilkan pergerakan-pergerakan dan konsep-konsep seperti orang yang sedang bekerja menebang pohon, menanam pohon, menambang hasil alam dan lain-lain. Memang kalau orang awam yang melihat pementasannya nya bisa saja dia tidak mengerti apa tujuan dari pementasan itu, karena lebih banyak menyampaikan dalam ungkapan yang absurd, nama nya saja pementasan absurd.



Teater absurd mengeksperikan kecemasan dan keputusasaan yang berasal dari pengetahuan bahwa manusia di liputi oleh wilayah-wilayah gelap, bahwa dia tidak akan pernah mengetahi sifat dan tujuan sejatinya, dan bahwa tak seorang pun akan memberikannya aturan-aturan perilaku siap pakai. Teater absurd berkaitan dengan mengkomonikasikan suatu pengalaman kedirian, dan dalam melakukannya berusaha untuk benar-benar jujur dan tak kenal rasa takut dalam memaparkan realitas kondisi manusia.

Naaah,,,,, Seperti itulah seputar dan sekita absurd, semoga bermanfaat, untuk menambah bacaan, pengetahuan, dan yang lainya. Terimakasih.

 Salam Teater,,,



EmoticonEmoticon