-->


UNSUR – UNSUR TEATER

Unsur-unsur yang ada dalam teater terdapat dua bagian, yaitu:
Internal dan Eksternal.

UNSUR INTERNAL
Unsur Internal ini sangatlah penting karena menyangkut bagaimana keberlangsungan suatu pementasan teater, unsur teater internal ini dikatan ibarat subuah jantung pementasan.
1.      Naskah
Naskah yaitu berisi teks kisah yang akan di pentaskan yang berisi dialog nama tokoh dan sinomsis. Di dalam naskah ada berbagai macam unsur yang yang menyatukan pentas, pemain, kostum dan sutradara.

2.      Pemain
Berbicara masalah pemain, pastinya pemain ini unsur yang sangat penting dalam kelangsungan sebuah. Pemain lah yang memerankan seperti unsur suara dan gerak. Ada  beberapa jenis peran pemain dalam pementasan, peran utama (protagonis/antagonis), peran pembantu dan peran tambahan. Kalau pemain laki-laki di sebut aktor dan kalau perempuan disebut aktris

3.      Sutradara
Nah kalau yang satu ini merupakan salah satu unsur yang paling semtral, sutradaralah yang memimpin dan mengatur sebuah teknik pembuatan atau pementasan teater. Sutradara itu kalau diibaratkan sebagai otak dari jalannya suatu cerita, misalnya mengarahkan para aktor, membedah naskah, menciptakan ide-ide tentang pentas yang akan digunakan dan lain-lain.

4.      Pentas
Pentas, sebuah unsur pertunjukan yang mampu menghadirkan nilai estetika, dalam sebuah pementasan ada unsur penunjangnya seperti, properti, tata lampu, dan dekorasi yang berhubungan dengan pementasan 

5.      Properti
Properti sebuah alat yang di perlukan dalam pementasan, seperti meja, kursi, hiasan ruangan dan yang lain.

6.      Penataan
Seluruh pekerja penata yang berhubungan langsung dengan pementasan teater, antara lain:
Tata Rias  adalah mengmenke up pemain agar lebihmendalami peran yang di mainkannya, Tata  Busana  adalah  mengatur dan memakaikan,  pakaian  pemain  agar  mendukung  keadaan  yang menghendaki, Tata Lampu adalah mengatur dan memainkan pencahayaan dipanggung, Tata Suara adalah mengatur pengeras suara.

UNSUR EKSTERNAL
Unsur yang mengurus keperluan berkaitan dengan hal-hal yang dibutuhkan dalam sebuah pementasan. Seperti:

1.      Staf Produksi
Sekelompok tim yang berkenaan dengan pimpinan produksi dalam semua bagian yang ada di bawahnya.Tugas masing-masing dari mereka yaitu:
Produser produksi, Mengurus semua hal tentang produksi, Menetapkan personal (petugas), anggaran biaya, fasilitas, program kerja dan lain sebagainya.

2.      Sutradara/ derektor
Pembawa dan pengarah jalannya naskah, Koordinator semua pelaksanaan yang menyangkut pementasan, Mencari sekaligus menyiapkan aktor, Menyiapkan perias dan juga men-setting segala sesuatu yang dipegang oleh bagian desainer beserta kru.

3.      Stage manager
Pemimpin sekaligus penanggung jawab panggung, Membantu segala keperluan sutradara.

4.      Desainer
Menyiapkan semua aspek-aspek visual seperti setting tempat atau suasana, properti atau perlengkapan pementasan, kostum, tata lampu dan pencahayaan, serta perlengkapan lain.

5.      Crew
Crew ini adalah merupakan pemegang divisi dari setiap sub yang dipegang bagian desainer, seperti:
Bagian pentas dan tempat, Tata lampu (lighting), Perlengkapan danBagian tata musik;

Demikan pembahasan tentang Unsur-Unsu Teater, Semoga bermanfaat dan menjadikan inspirasi untuk keperluan yang lain. Salah khilaf mohon maaf,,,
Terimakasih,,,
Salam Teater,,,,,A1,,,,



EmoticonEmoticon