-->


“JENIS JENIS SENI TEATER”

1. TEATER BONEKA
Pertunjukan boneka telah dilakukan sejak Zaman Kuno. Terdapats sisa  peninggalannya ditemukan di makam-makam seperti di makam India Kuno, Mesir, dan Yunani. Jadi boneka sering dipaka atau digunakani untuk menceritakan legenda atau kisah-kisah yang bersifat religius (keagamaan). Boneka tongkat  digerakkan dengan tongkat yang dipegang dari bawah sementara boneka tangan dipakai di tangan.  Dan boneka tali atau Marionette, digerakkan dengan cara menggerakkan kayu silang tempat tali boneka diikatkan.

Salah satu contoh teater boneka yang cukup populer ialah pertujukan wayang kulit. Wayang dimainkan di belakang layar atau backgrond tipis dan di beri sinar lampu menciptakan bayangan wayang di layar.Penonton pria dan wanita berpisah, penonton pria duduk di belakang layar dan menonton wayang secara langsung sedangkan wanita duduk di depan layar, menonton bayangan tersebut.

2. DRAMA MUSIKAL
Drama musikal adalah pertunjukan teater yang menggabung-gabungkan seperti seni tari, musik, dan seni peran. Drama musikal lebih mengutamakan tiga unsur tersebut dibandingkan dialog para pemainnya. Untuk menghayati kualitas pemainnya tidak hanya dinilai pada penghayatan karakter melalui untaian kalimat yang diucapkan tetapi juga melalui keharmonisan lagu dan gerak tari. Kenapa di sebut drama musikal??? karena dalam sebuah pertunjukannya yang menjadi latar belakangnya merupakan kombinasi antara gerak tari, alunan musik, dan tata pentas. Kabaret dan opera adalah termasuk drama musikal yang cukup tersohor. Perbedaan keduanya terletak pada jenis musik yang digunakan.

3. TEATER DRAMATIK
Dalam sebuah teater dramatik, yang sangat di perhatika perubahan karakter secara psikologis. Dalam istilah dramatik digunakan untuk menyebut pertunjukan teater yang berdasarkan pada dramatika lakon yang dipentaskan. Situasi atau keadaan cerita dan latar belakang kejadian dibuat sedetil mungkin. Rangkaian sebuah cerita dalam teater dramatik mengikuti alur plot dengan ketat. Fokus pertujukan dalam sebuah teater dramatik ialah menarik minat dan rasa penonton terhadap situasi cerita yang disajikan. Dalam teater dramatik, laku aksi pemain sangat ditonjolkan. Satu peristiwa atau kejadian berkaitan dengan peristiwa lain hingga membentuk keseluruhan cerita. Karakter yang disajikan di atas pentas tanpa improvisatoris. Teater dramatik mencoba mementaskan cerita seperti halnya realita.


4. TEATRIKALISASI PUISI
Teatrikalisasi puisi yaitu merupakan pertunjukan teater yang dibuat berdasarkan karya sastra puisi. Sebuah arya puisi yang biasanya hanya dibacakan, dalam teatrikal puisi dicoba untuk diperankan di atas pentas. Di karena bahan dasarnya adalah puisi maka teatrikalisasi puisi lebih mengedepankan estetika puitik di atas pentas. Gaya akting para pemain biasanya bersifat teatrikal. Penatataan panggung dan blocking dirancang sedemikian rupa untuk menegaskan makna puisi yang dimaksud.

Teatrikalisasi puisi membuka dan memberi kesempatan bagi seniman untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam menerjemahkan makna puisi ke dalam tampilan lakon dan tata artistik di atas pentas.


5. TEATER GERAK
Yang terakhir yaitu Teater gerak merupakan pertunjukan teater dengan unsur utamanya adalah gerak dan ekspresi wajah pemainnya. Dalam sebuah pementasannya, penggunaan dialog sangat minimal atau bahkan dihilangkan seperti dalam pertunjukan pantomim klasik. Seiring perkembangannya, seorang pemain teater dapat bebas bergerak dan berekspresi mengikuti suasana hati (untuk karakter tertentu) bahkan lepas dari karakter tokoh dasarnya untuk menarik minat penikmat. Diberikan kebesan ekspresi gerak dari inilah gagasan mementaskan pertunjukan dengan berbasis gerak secara mandiri muncul.

Teater gerak yang paling populer bertahan dan eksis sampai saat ini ialah pantomim. Sebagai sebuah pertunjukan yang hening dan sunyi karena tidak menggunakan suara, pantomim mencoba mengungkapkan ekspresinya melalui tingkah laku gerak dan mimik para pemainnya. Dalam bentuk gerak lah makna pesan yang hendak direalisasikan dipertunjukkan..

Demikan pembahasan jenis-jenis Seni Teater, Semoga bermanfaat dan menjadikan inspirasi untuk keperluan anda yang lain. Salah khilaf mohon maaf,,,
Terimakasih,,,
Salam Teater,,,,,A1,,,,



EmoticonEmoticon